KPPS Adalah

KPPS : Tugas dan Wewenangnya

sadewaku.com : KPPS adalah – Hai sobat sebentar lagi, tepatnya pada 14 februari 2024 kita akan sama sama melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemungutan suara untuk pemimpin negara dan anggota DPR/MPR pusat maupun daerah 5 tahun kedepan.

Ada perangkat yang sangat penting dalam proses demokrasi tersebut diantaranya adalah KPPS atau Komite penyelenggara pemungutan suara, namun tahukah kalian apa saja tugasnya ? Yuk Kita bahasa bersama.

KPPS adalah kelompok penyelenggara pemungutan suara yang termasuk salah satu badan ad hoc Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Tugas KPPS mengatur proses pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berdasarkan aturan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 27, KPU menetapkan masa kerja KPPS selama 1 bulan. Namun, jika terjadi pemungutan suara ulang atau pemilihan lanjutan dan susulan, maka masa kerjanya bertambah 1 bulan lagi. Artinya, mereka akan dibubarkan secara resmi paling lambat 2 bulan setelah pemilu.

Selama bekerja, KPPS memiliki tugas dan kewajiban ketika pemungutan dan perhitungan suara berlangsung. Berikut rangkuman detikSumbagsel terkait tugas KPPS hingga kewajibannya.

KPPS Adalah

Anggota KPPS

Pada aturan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 28 dan 29, anggota KPPS berjumlah 7 orang yang berasal dari masyarakat sekitar TPS. Pemilihan anggota KPPS dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan. Adapun susunan anggota KPPS sebagai berikut:

1. Ketua KPPS Merangkap Anggota: 1 Orang

2. Anggota KPPS: 6 Orang

Tugas KPPS

Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, tugas KPPS tercantum dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 30. Semua anggota KPPS wajib menjalankan tugas berikut ini:

1. Mengumumkan daftar Pemilih tetap di TPS.

2. Menyerahkan daftar Pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas TPS dan dalam hal peserta Pemilu tidak memiliki saksi, daftar pemilih tetap diserahkan kepada peserta Pemilu.

3. Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

4. Membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS.

5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

6. Menyampaikan surat pemberitahuan kepada Pemilih sesuai dengan daftar Pemilih tetap untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

7. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

8. Menyampaikan surat pemberitahuan pemungutan suara yang tidak terdistribusi kepada PPS.

9. Memberikan pelayanan kepada Pemilih yang berkebutuhan khusus.

Ada 3 wewenang yang dijalani KPPS sebagai penyelenggara Pemilu 2024, di antaranya:

1. Mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS.

2. Melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kewajiban KPPS

Selain mempunyai tugas dan wewenang, KPPS juga memiliki beberapa kewajiban yang harus dijalani saat Pemilu 2024. Ini rangkumannya:

1. Menempelkan daftar Pemilih tetap di TPS.

2. Menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh saksi, Pengawas TPS, Panwaslu Kelurahan/Desa, peserta Pemilu, dan masyarakat pada hari pemungutan suara.

3. Menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel.

4. Menyerahkan hasil penghitungan suara kepada PPS dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

5. Menyerahkan kotak suara tersegel yang berisi surat suara dan sertifikat hasil penghitungan suara kepada PPK melalui PPS pada hari yang sama.

6. Melaksanakan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

7. Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian rangkuman tentang KPPS sebagai badan ad hoc yang menjalankan tugas saat pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *